Daftar Isi

Mulai dari Ambyar hingga Unda, Inilah Kata-kata Gaul yang Masuk KBBI!

Halo sahabat sajak!

Bagaimana kabarnya?

Semoga sehat selalu, kali ini kami akan berbagi sedikit informasi tentang Mulai dari Ambyar hingga Unda, Inilah Kata-kata Gaul yang Masuk KBBI!. Sudah penasaran? Baik langsung saja!

Seiring perkembangan zaman, bahasa pun tak luput dari kemajuan tersebut. Disadari atau tidak, bahasa selalu mengalami pemutakhiran. Generasi milenial ikut andil dalam perkembangan bahasa. Penggunaan bahasa yang sering disebut sebagai bahasa gaul atau bahasa kekinian kini masuk dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Terdapat beberapa kosa kata yang dilontarkan kaum milenial dalam media sosial kini telah resmi menjadi bahasa Indonesia. Sahabat sajak yang telah berperan aktif dalam penyebaran bahasa gaul, kalian luar biasa. Berkat kalian kekayaan bahasa Indonesia semakin bertambah.

Mari kita simak bersama, kata apa saja yang sudah resmi masuk ke dalam KBBI:

1. Ambyar
lelahbersajak.com
lelahbersajak.com

Bagi sahabat sajak yang sering mendengarkan lagu Didi Kempot pasti tak asing lagi mendengar kata Ambyar, sekarang kata itu sudah masuk ke dalam KBBI. Dalam KBBI berarti bercerai-berai, nah sekarang sudah tahu ya arti sesungguhnya. Jadi, jangan sampai hatinya, hubungannya, atau bahkan kasih sayangnya bercerai-berai hehehe.

2. Aleman
lelahbersajak.com
lelahbersajak.com

Manja-manjaan tidak harus dengan pasangan kok, terkadang kita juga suka manja dengan orang tua meski usia tak lagi belia. Tidak apa-apa, aleman atau manja itu manusiawi kok asal jangan kebiasaan, khawatir bikin orang lain geli hehe. Ini kata selanjutnya yang telah masuk ke dalam KBBI ya sahabat sajak.

3. Alay
lelahbersajak.com
lelahbersajak.com

Kata alay ini sering kita gunakan untuk teman kita yang baru merasakan hal baru, pakaian baru, hp baru, motor baru, pacar baru tapi kita anggap hal yang biasa. Nah, ternyata kata alay sudah masuk KBBI yang berarti anak layangan atau gaya hidup yang berlebihan untuk menarik perhatian. Cukup saling mengingatkan sesama teman dalam menjaga keseimbangan hidup ya agar pertemanan tetap terjaga dengan nyaman hehe. Ingat, jangan sering-sering sebut temannya alay, nanti temannya baper, semangat hidupnya menurun (bercanda). Tetap berpikir positif ya sesama teman berjuang.

4. Bokek
lelahbersajak.com
lelahbersajak.com

Pake duit lu dulu bray, lagi bokek nih. Kalimat legenda yang sering kita temukan di sudut-sudut kampus, kosan, dan tongkrongan, maaf ya admin pakai bahasa yang kekinian karena terbawa suasana hehe. Bokek adalah kata ganti untuk menolak mengeluarkan uang, menolak keluar dari zona ke-mager-an. Maaf suudzon hehe. Kembali ke topik pembahasan, jadi bokek itu artinya tidak punya uang, kita harus saling memahami dan saling membantu sesama teman ketika dalam kesulitan. Nah, bokek ini salah satu bahasa yang sering diucapkan anak milenial ternyata sudah masuk ke dalam KBBI.

5. Bokap
lelahbersajak.com
lelahbersajak.com

Kata bokap sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh kaum milenial, Bokap artinya Ayah. Kata ini digunakan untuk sebagai wujud tingkat kegaulan dalam berteman. Enggak kok. Bokap memang sudah lumrah diucapkan untuk panggilan Ayah kepada lingkaran pertemanan.

6. Baper
lelahbersajak.com
lelahbersajak.com

Ketika sedang berkumpul, terkadang ada saja salah satu orang dalam perkumpulan tersebut bercanda berlebihan, kemudian ada yang sakit hati, nah ini salah satu kata baper itu berada hehe. Kata baper sering ditemukan dalam hubungan seorang laki-laki dan perempuan ketika sedang saling jatuh cinta atau hanya bertepuk sebelah tangan.

7. Bukber
lelahbersajak.com
lelahbersajak.com

Buka bersama mengingatkan kita umat Islam pada bulan suci Ramadhan. Momen yang selalu kita rindukan bukber bersama teman lama, bukber juga dijadikan ajang reuni bernostalgia kembali tentang masa-masa lampau atau menjalin tali silaturahim kembali. Bukber telah resmi masuk ke dalam KBBI ya sahabat sajak.

8. Caper
lelahbersajak.com
lelahbersajak.com

Saat menaksir seseorang terkadang kita bersikap berlebihan bahkan tidak sadar atas perbuatan tersebut. Sebagai bentuk usaha untuk menarik perhatian, sesekali kita pernah caper atau cari perhatian. Seperti caper kepada seseorang yang kita sukai, kepada orang tua, kepada teman atau bahkan kepada guru atau dosen hehe.


Baca juga: Mudah! Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Gmail


9. Hebring
lelahbersajak.com
lelahbersajak.com

Beberapa kaum hawa milenial sering menggunakan bahasa singkatan atau bahasa plesetan. Nah, salah satu bahasa plesetan atau bahasa gaul ini ternyata sudah masuk ke dalam KBBI loh. Hebring dalam KBBI berarti hebat atau heboh.

10. Kepo
lelahbersajak.com
lelahbersajak.com

Siapa yang sering penasaran tentang kisah cinta teman, masalah yang dihadapi atau kebahagiaan apa yang sedang dirasakan. Rasa penasaran itu seakan-akan tak bisa hilang dan harus dituntaskan dengan cerita yang panjang. Kalau pernah merasakan, berarti kalian sedang kepo. Kepo dalam KBBI berarti rasa ingin tahu tentang urusan orang lain.

11. Lebay
lelahbersajak.com
lelahbersajak.com

Orang yang memiliki gaya dalam berbicara, berpakaian, atau bersikap berlebihan sering disebut kaum milenial sebagai lebay. Lebay juga salah satu ungkapan kerisihan loh. Jadi, jangan lebay lagi ya hehe.

12. Maksi
lelahbersajak.com
lelahbersajak.com

Jujur, meski admin salah satu kaum milenial tapi baru tahu istilah maksi yang berarti makan siang. Entah kata ini berputar di lingakaran pertemanan seperti apa atau admin mainnya kurang jauh dan mainnya kurang malam ya hehe.

13. Mager
lelahbersajak.com
lelahbersajak.com

Mager ah, ngantuk. Ini dia, salah satu kata andalan yang sering admin gunakan untuk menolak ajakan hehe. Ya, karena memang sedang ingin beristirahat, menikmati gravitasi tempat tidur, dan merasakan hembusan nafas yang tak pernah dipikirkan begitu nikmatnya. Mager dalam KBBI berarti males bergerak sahabat sajak.

14. Nyokap
lelahbersajak.com
lelahbersajak.com

Nyokap adalah istri dari Bokap. Artinya nyokap dalam KBBI adalah Ibu. Panggilan dalam lingkaran pertemanan kaum milenial.

15. Pansos
lelahbersajak.com
lelahbersajak.com

Pansos adalah jalan ninja menjadi hebat sesaat. Dalam KBBI pansos berarti panjat sosial, sebuah usaha untuk meningkatkan citra diri melalui postingan di media sosial.

16. Pulkam
lelahbersajak.com
lelahbersajak.com

Inilah salah satu istilah yang ramai diperbincangkan karena dibandingkan dengan mudik. Nah, letak perbedaanya adalah pulkam ini akronim dari pulang kampung, sedangkan mudik memiliki arti pulang ke kampung halaman. Jadi, pulkam itu sebatas akronim kalau dalam KBBI. Kata pulkam dan mudik bisa juga disebut sinonim, tergantung lawan bicara dan konteks pembicaraanya dalam penggunaan kata pulkam dan mudik ini. Kedua kata ini sering digunakan dalam momen libur lebaran umat Islam.

17. Tipo
lelahbersajak.com
lelahbersajak.com

Ketika sedang berkomunikasi melalui gawai, sering kali jari kita salah menekan huruf sehingga tersusun kata atau kalimat yang salah. Kaum milenial sering menyebutnya typo, ternyata dalam KBBI sudah ada loh, tulisan yang tepat yaitu tipo. Tipo berarti kesalahan dalam menulis yang sudah terlanjur dikirim atau dicetak.

18. Uncu
lelahbersajak.com
lelahbersajak.com

Entah istilah imut ini berawal dari mana dan siapa yang menyebutnya pertama kali. Yang jelas, admin baru tahu loh istilah uncu ini pengganti kata bungsu. Admin curiga, nanti kata unyu akan masuk ke dalam KBBI hehe.

19. Unda
lelahbersajak.com
lelahbersajak.com

Selain, maksi dan uncu, admin juga baru mengetahui istilah unda sebagai kata pengganti untuk bunda. Wah, panggilan yang begitu manis, romantis, lucu, dan agak geli ya hehe. Tapi bagaimanapun, istilah unda sudah masuk ke dalam KBBI yang berarti bunda. Mungkin kata ini digunakan anak kecil atau orang tua dalam mengenalkan Ibunya sekaligus mengajarkan ejaan kata.


Ingin buat story dengan puisi singkat? cek ig @lelahbersajak


Nah itulah kata-kata gaul yang digunakan kaum milenial dalam kehidupan sehari-hari yang telah resmi masuk ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat, terima kasih telah mampir untuk membacanya.

Itulah artikel Mulai dari Ambyar hingga Unda, Inilah Kata-kata Gaul yang Masuk KBBI!.
Ingin memberikan saran, kritik atau suka dengan artikel di atas.
Tinggalkan komentar kalian di bawah!
Jangan lupa berbagi informasi ini kepada teman kalian!

“ORANG BOLEH PANDAI SETINGGI LANGIT, TAPI SELAMA IA TIDAK MENULIS, IA AKAN HILANG DI DALAM MASYARAKAT DAN DARI SEJARAH. MENULIS ADALAH BEKERJA UNTUK KEABADIAN”
― Pramoedya Ananta Toer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here