Nama-Nama Alat Musik Daerah di Indonesia

Halo sahabat sajak!

Bagaimana kabarnya?

Semoga sehat selalu, kali ini kami akan berbagi sedikit informasi tentang Nama-Nama Alat Musik Daerah di Indonesia . Sudah penasaran? Baik langsung saja!

Nama-Nama Alat Musik Daerah di Indonesia – Indonesia memiliki banyak seni tradisi sesuai dengan daerah atau wilayah asalnya. Seni musik adalah bagian dari seni tradisi tersebut, yang perkembangannya perlahan-lahan mulai surut. Seni musik ini disebut juga musik daerah atau musik tradisional atau musik nusantara. Hampir seluruh seni tradisional Indonesia mempunyai semangat kolektivitas yang tinggi sehingga dapat dikenali karakter masyarakat Indonesia, yaitu ramah dan sopan. Seni tradisi berfungsi sebagai identitas, jati diri, serta media ekspresi dari masyarakat pendukungnya.

Berikut Nama-Nama Alat Musik Daerah di Indonesia Sesuai Abjad A-D:

Alosu : Sulawesi Selatan

nama-nama-alat-musik-daerah-di-indonesia
https://www.kata.co.id/users_media/2/Alosu.jpg

Alosu merupakan Alat musik khas dari Sulawesi Selatan. Terbuat dari anyaman dari daun kelapa berbentuk kotak-kotak kecil bertangkai, di dalamnya diberi biji yang apabila digoyang-goyang akan mengeluarkan bunyi digunakan dalam mengiringi nyanyian tradisional Sulawesi Selatan.


Baca juga: Pengertian Kata Benda, Ciri, Jenis, Penggunaan dan Contohnya


Anak Bacing : Sulawesi Selatan

nama-nama-alat-musik-daerah-di-indonesia
https://percepat.com/wp-content/uploads/2019/04/Alat-Musik-Ana-Becing.jpg

Anak Bacing adalah alat musik Sulawesi Selatan yang terbuat dari besi dan memiliki bentuk seperti anak panah, alat musik ini dimainkan dengan cara dibenturkan antara kedua Ana Bacing.

Alat musik ini sering digunakan dalam perangkat tarian Bugis, tari tersebut adalah tari bissu yaitu tarian yang dipertunjukkan pada upacara pernikahan, kematian dan pelantikan raja baru, saat terkena wabah penyakit dan sebagai tanda bahwa masa dimulainya menanam padi.

Angklung : Jawa Barat

nama-nama-alat-musik-daerah-di-indonesia
https://bamboeindonesia.files.wordpress.com/2012/06/angklung11.jpg

Angklung adalah alat musik multitonal yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat Sunda di Suku Sunda Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil.

Aramba : Pulau Nias

nama-nama-alat-musik-daerah-di-indonesia
https://2.bp.blogspot.com/-QD9ssYowr7I/WC-l5vjs98I/AAAAAAAAC7o/UvuTC1i5qdY_QMI5ZQPubLgCkr7QbSUsQCLcB/s640/aramba.jpg

Aramba Alat musik tradisional Suku Nias – Sumatera Utara. Aramba adalah salah satu alat musik yang terbuat dari tembaga, kuningan, suasa dan nikel. Alat ini dimainkan oleh satu orang. Fungsi aramba berperan sebagai pembawa pola irama.

Arumba : Dari daerah Sunda

nama-nama-alat-musik-daerah-di-indonesia
https://4.bp.blogspot.com/-dNdCB9jujJA/Vz-tq7kCF6I/AAAAAAAAPks/6eTjbpDOKlsalKRai8M4CSNE9hQh8geZgCLcB/s1600/arumba.jpg

Arumba adalah ensemble musik dari berbagai alat musik yang terbuat dari bambu. Arumba lahir sekitar tahun 1960-an di Jawa Barat Indonesia, saat ini menjadi alat musik khas Jawa Barat. Arumba termasuk ensembel berarti termasuk seni musik.

Atowo : Papua

nama-nama-alat-musik-daerah-di-indonesia
https://www.dictio.id/uploads/db3342/original/3X/1/2/128b4f9fba6eb091beb62814ee52ed41a3ebf0a2.jpg

Atowo adalah julukan dari alat musik tradisional dari Papua yang tidak mudah untuk menemukan keberadaannya. Bentuknya bulat panjang dan ukurannya relatif kecil dan ringan.

Atowo digunakan dengan dua tangan, tangan yang satu memegang badan atawo dan yang satu lagi menabuh dengan menggunakan teknik pukulan agar bisa mengeluarkan irama yang indah. Atowo biasa dipakai sebagai hiburan rakyat.

Babun : Kalimantan Selatan

nama-nama-alat-musik-daerah-di-indonesia
http://1.bp.blogspot.com/-3_voTJx8kjE/UazD7Fz1r2I/AAAAAAAADbY/6SUV7P4FNfI/s1600/babun.jpg

Babun yaitu salah satu alat musik yang mempunyai fungsi sebagai alat musik pengiring yang dimainkan dengan cara dipukul yang dibuat dari kayu yang berbentuk bulat dan ditengahnya terdapat lubang serta disisi kanan dan kirinya dilapisi dengan kulit yang biasanya berasal dari kulit kambing. Berasal dari Kalimantan Selatan.

Basa-basi/Klarinet : Sulawesi Selatan

nama-nama-alat-musik-daerah-di-indonesia
https://www.dictio.id/uploads/db3342/original/3X/5/0/503db77c6e0f018b8f935e481b01fd77f4d77729.jpg

Orang Bugis biasanya menyebut alat musik ini Basi-Basi namun orang Makasar sering menyebutnya dengan Klarinet, Basi-Basi merupakan alat musik yang cara memainkannya dengan ditiup.

Alat musik ini biasa dimainkan ketika ada acara adat Sulawesi Selatan seperti untuk pesta rakyat, perkawinan dan syukuran.


Baca juga: Jenis Paragraf Berdasarkan Pola Pernalaran


Calung  : Dari daerah Sunda

nama-nama-alat-musik-daerah-di-indonesia
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/5/5d/Calung-sunda.jpg

Calung adalah alat musik purwarupa jenis idiofon yang terbuat dari bambu. Alat musik ini dikenal dan berkembang di wilayah Banyumasan dan Sunda. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan, cara menabuh calung adalah dengan memukul bilah atau ruas yang tersusun menurut titi laras pentatonik.

Cungklik/Palompong : Lombok

nama-nama-alat-musik-daerah-di-indonesia
https://1.bp.blogspot.com/-0-aURl7R1II/V2SE6egTHiI/AAAAAAAAQBQ/P4d7D7MSEqA4Uvd-OhevgsQIfonrYROUQCLcB/s1600/Palompong.png

Palompong merupakan alat musik khas masyarakat Sumbawa. Di daerah Lombok, juga ditemukan alat musik sejenis yang disebut dengan cungklik. Palompong merupakan alat musik berjenis silofon yang terbuat dari kayu dan logam.

Dalam permainannya, pemain duduk dengan meluruskan dua kaki ke depan, sementara palompong diletakkan di atas paha. Dalam posisi demikian, bilah palompong dipukul menggunakan sepasang pemukul, dan rongga antara paha dan bilah-bilah palompong berperan sebagai resonator.

Dahulu, palompong biasa dimainkan secara tunggal oleh laki-laki ketika istirahat di sawah atau ladang. Saat ini, palompong telah menjadi bagian dari orkestra tradisional Gong Genang dan berfungsi sebagai alat musik ritmik untuk mengiringi tarian saat irama cepat.

Dog-dog : Jawa Barat

nama-nama-alat-musik-daerah-di-indonesia
https://mbludus.com/wp-content/uploads/2019/06/Dogdog-Lojor.jpg

Nama alat musik ini diambil dari bunyi yang dikeluarkan oleh alat ketika dimainkan, yaitu: “dog dog dog” , sehingga banyak orang yang menyebutnya Dogdog dan Lojor adalah bahasa Sunda yang artinya Panjang.

Dogdog adalah waditra jenis alat musik berkulit, dimainkan dengan cara dipukul dengan dibantu alat bantu pemukul. Waditra ini memiliki fungsi sebagai alat penyaji ritme yang tergabung sebagai waditra pokok dalam reog (ogel) atau Dogdog lojor.

Doli-doli : Pulau Nias

nama-nama-alat-musik-daerah-di-indonesia
https://i2.wp.com/www.infobudaya.net/wp-content/uploads/2019/02/doli-doli-gahe.jpg?w=1000&ssl=1

Kiri: doli-doli gahe. Kanan: doli-doli hagita.

Alat musik Doli-Doli sangatlah unik, secara sekilas mungkin akan ada orang yang beranggapan bentuknya menyerupai angklung, hanya saja cara memainkan dan memegangnya berbeda. Di daratan Melayu, masyarakat daerah sana mengenali Doli-Doli dengan sebutan Kolintang.

Doli-Doli terbuat dari 4 bilah kayu dan alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara dipukul. Biasanya di tempatkan di atas lutut seorang yang sedang duduk dan dimainkan dengan menggunakan tongkat pendek. Alat musik tradisional Sumatera Utara Doli-Doli, bisa anda jumpai di dearah Nias. Alat musik ini dimainkan bersamaan dengan alat musik tradisional yang lainnya seperti Aramba dan Pakpak.

Druri Dana : Pulau Nias

nama-nama-alat-musik-daerah-di-indonesia
https://3.bp.blogspot.com/-cb6BlP6otmE/Wa50-2IgTgI/AAAAAAAAAOA/SA-H-9xQ_ZsSuzccL3VVTH7XYYNG9kuzQCLcBGAs/s1600/alat%2BMusik%2Btradisional%2BDruri%2BDana.jpg

Druri Dana adalah alat musik tradisional yang memiliki bentuk menyerupai Angklung. Berbeda dengan doli-doli yang terbuat dari bahan dasar kayu, druri dana terbuat dari bahan bambu dan dibentuk sedemikian rupa kemudian di rangkai.

Terdapat dua cara untuk memainkan alat musik satu ini. Dipukul dan digoyangkan layaknya angklung. Ketika saat bambu saling beradu druri dana menghasilkan suara atau bunyi yang sangat khas. Alat musik ini diyakini berasal dari pulau Nias.

Itulah Nama-Nama Alat Musik Daerah di Indonesia, tinggalkan komentar jika sahabat sajak suka dengan artikel di atas atau ingin memberikan masukan? Sangat dipersilahkan! Jangan lupa berbagi informasi ini kepada teman kalian!

“Kebudayaan yang benar dilahirkan di alam, sederhana, rendah hati, dan murni”
― Masanobu Fukuoka, The One-Straw Revolution

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here